Subscribe Us

header ads

Mengenal Umm Ali, pudding Rumahan Ala Mesir.


Umm Ali {omme aeli} atau Om Ali adalah suguhan nasional Mesir yang lebih kita kenal dengan pudding roti. Dessert Mesir yang terbuat dari pastry, susu, dan kacang-kacangan ini merupakan salah satu makanan penutup paling favorit di negara-negara Middle East, dipopulerkan oleh “Om Ali” dalam Bahasa Arab berarti “ibu Ali” seperti yang tertulis dalam buku Sejarah mesir bangsa mesir karya DR. As-sayyid Abdul Aziz Salim.

Diceritakan, Umm Ali berawal dari kisah seorang penguasa Mesir dan istrinya pada tahun 1254 – 1257 yakni Malik Izz Al Din Aybak. Saat sang sultan dan istrinya sedang berburu di delta Sungai Nil, dia kelaparan dan meminta makan di sebuah desa. Umm ali alias Ibu Ali, sebagai warga setempat, kelabakan dan akhirnya hanya menghidangkan hidangan seaadanya, sisa-sisa roti, serpihan kacang, dan susu. Ternyata, rombongan sultan menyukainya dan sajian itu bertahan sampai sekarang.

Ada juga yang berpendapat bahwa Umm Ali, muncul pada abad ke-13. Kala itu, khususnya para ibu gemar membuat umm Ali sebagai pudding atau cemilan yang kerap disantap Bersama keluarga. Dalam sumber yang lain, terdapat Sejarah mengatakan orang yang membuat hidangan ini adalah Ibunda dari seseorang yang Bernama Ali. Bahkan dikatakan nama ini muncul Ketika Sultan Ottoman berkunjung ke desa kecil dan disuguhi penganan buatan “Umm Ali”  yang dikenal sebagai seseorang yang handal dalam menbuat makanan penutup Istimewa. Saking lezatnya, Sultan akhirnya menamai makanan itu sesuai nama pembuat hidangan istimewa tersebut, maka disebutlah dengan nama “Umm Ali”.

Rasanya yang creamy, manis dan lembut membuat tak tahan untuk tidak mencoba makanan penutup ini. Sekilas Umm Ali memang tampak biasa saja, namun jangan terkejut Ketika pertama kali kita mencicipinya. Rasa kuah susu yang begitu creamy, roti gandum yang lembut, adonan roti dan susu itu kemudian dipanggang hingga bewarna cokelat keemasan sehingga menghasilkan rasa pudding yang luar biasa. Apalagi jika Umm Ali ditambahkan kismis, kacang almond, dan pistachio, membuat rasa Umm Ali tadi semakin manis dan menyatu hingga bagian terdalam makanan ini.  

Umm Ali menjadi salah satu hidangan penutup setelah menyantap makanan berat, terutama untuk kita yang menyukai makanan manis, Umm Ali adalah Solusi yang pas. Dan juga Umm Ali ternyata banyak digemari oleh banyak orang sebagai menu berbuka di bulan puasa. Tak jarang, disetiap bulan puasa, banyak sekali pedagang-pedagang di mesir yang menjual Umm Ali.

Di Mesir, Umm Ali tak hanya bisa dibeli, tetapi kita juga bisa membuatnya sendiri dirumah sesuai dengan sajian yang kita inginkan. Bahan – bahan utamanya sebagai berikut:

-       250 g kue kering palmiers, remuk kasar

-       500 ml susu cair

-       50 g gula pasir

-       5 cm kayu manis

-       3 butir kapulaga hijau

-       100 ml whipped cream.

 

Bagaimana, sudah tertarik untuk mencoba Umm Ali?


Red: Haekal Jourdhy

Editor: Atina Husna


Posting Komentar

0 Komentar