Subscribe Us

header ads

Wejangan Ayahanda KH. Hasan Abdullah Sahal Mengobati Kerinduan Para Alumni Gontor di Kairo

 


Pada Acara Silaturahim Akbar IKPM Gontor cabang Kairo dan Sujud Syukur Peringatan 100 Tahun Gontor yang diselenggarakan pada hari Selasa 24 Oktober 2023, ayahanda Bapak Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, KH. Hasan Abdullah Sahal memberikan berbagai wejangan kepada anak-anaknya, alumni-alumni Gontor dan alumni Forum Pondok Alumni Gontor (FPAG) di Kairo. Pesan dan nasihat dari KH. Hasan Abdullah Sahal disampaikan setelah beliau mengimami sholat maghrib berjamaah dan sujud syukur.

Beliau mengungkapkan bahwa apa yang beliau curahkan di hadapan para warga IKPM Gontor pada acara silaturahim akbar adalah karena cinta, sehingga beliau menganggap pertemuan tersebut tidak jauh berbeda dengan pertemuan para santri di BPPM. Kepada para hadirin, beliau menyampaikan, “Kita tidak bisa mencintai semua manusia, dan kita tidak bisa dicintai oleh semua manusia. Kita tidak bisa mencintai semua orang, dan kita tidak bisa dicintai oleh semua orang. Maka yang bisa kita lakukan adalah cinta kepada Allah dan cinta karena Allah.” 

KH. Hasan Abdullah Sahal menerangkan bahwasanya kedatangan beliau dan Prof. Dr. KH. Amal Fathullah Zarkasyi bersama keluarga adalah untuk menyambung hubungan antara Gontor dan Al-Azhar, beliau menyatakan bahwa Gontor itu:“Aamaaluna mu’allaqutun bil azhar,” maksudnya harapan kita (Gontor) tertuju kepada Al-Azhar. Beliau menjelaskan, “Ini adalah perkataan lama, tahun 1950-an, waktu itu (Universitas) Madinah belum berdiri, Syiria, Yordan, dan sebagainya belum terkenal, sehingga pada tahun 1950-an yang terdengar hanya Al-Azhar, Mesir.” KH. Hasan Abdullah Sahal menambahkan, “Sehingga terucaplah, kalau mau beribadah sepuas-puasnya datanglah ke Mekkah. Kalau mau mencari ilmu sebanyak-banyaknya datanglah ke Mesir. Kalau mau pendidikan sebaik-baiknya datanglah ke Gontor.”

Hangatnya sambutan dari KH. Hasan Abdullah Sahal disempurnakan dengan momen bernyanyi bersama. Pada kesempatan ini beliau menyanyikan lagu “Ayah” karangan Rinto Harahap, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu “Kembalilah” yang merupakan karya beliau sendiri. Pada momen ini, para alumni yang hadir ikut bernyanyi dengan antusias.

Kehadiran dan wejangan yang disampaikan oleh KH. Hasan Abdullah Sahal, Prof. Dr. KH. Amal Fathullah Zarkasyi beserta rombongan ke Kairo memberikan banyak dampak positif. Setelah tuntasnya acara, para alumni Gontor di Kairo membanjiri media sosial dengan ungkapan berupa kesan baik mereka setelah acara. “Pesan dan Nasihat beliau barusan mengingatkan kembali apa arti kehidupan, mengingatkan lagi niat kita datang ke Mesir ini untuk apa, juga mengobati rasa rindu akan wejangan beliau yang sudah lama dinanti-nanti,” ungkap Fariz Heru salah satu warga IKPM Gontor cabang Kairo.

 

Red: Ilmi Hatta

Editor: Dimas

Posting Komentar

0 Komentar