Subscribe Us

header ads

Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Arab Mesir pada Acara Silaturahim Akbar IKPM Gontor Cabang Kairo: “Selamat Milad ke-100 Tahun Pondok Modern Darussalam Gontor”

 


Dr. (H.C.) Lutfi Rauf Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Arab Mesir mengucapkan selamat untuk umur Gontor yang keseratus pada acara Silaturahim Akbar IKPM Gontor cabang Kairo dan Sujud Syukur Peringatan 100 tahun Gontor bersama bapak Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor di Kairo, Mesir.

Pada acara yang diselenggarakan oleh IKPM Gontor cabang Kairo ini, Duta Besar hadir sebagai tamu kehormatan. Dalam kesempatan yang berharga, Dr. (H.C.) Lutfi Rauf memberikan sambutan di hadapan keluarga besar Pondok Modern Darussalam Gontor di Kairo. Pada sambutannya, beliau menyampaikan sebuah harapan, “Dengan milad keseratus tahun ini, artinya kita sudah memasuki abad kedua Pondok Modern Darussalam Gontor yang mudah-mudahan insyaallah akan terus berkembang, memberikan kemanfaatan yang besar bagi kita semua, bagi kehidupan umat manusia.”

Beliau mengutarakan bahwa umur Gontor yang keseratus ini merupakan penegasan dan bukti bahwasanya Pondok Modern Darussalam Gontor merupakan lembaga yang berkiprah pada pembangunan bangsa baik secara fisik maupun ide dan pemikiran.

Beliau juga menjabarkan tiga faktor yang menjadikan eksistensi Gontor bisa istiqamah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sampai umur yang keseratus, tiga faktor tersebut: 1) Sejak tahun 1958 Gontor telah diwakafkan kepada umat Islam dan tidak lagi menjadi milik pribadi atau keluarga, 2) Kehidupan di Pondok Modern Darussalam Gontor selalu didasarkan kepada Panca Jiwa: jiwa keikhlasan, jiwa kesederhanaan, jiwa berdikari, jiwa ukhuwwah islamiyyah, dan jiwa kebebasan, 3) Gontor menekankan pribadi muslim yang sesuai dengan moto Gontor yaitu berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengetahuan luas, berpikiran bebas.

Sebagai penutup, di hadapan perkumpulan almamater dengan jumlah warga terbesar di kalangan mahasiswa Indonesia di Mesir ini, Bapak Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Arab Mesir, Bapak Dr. (H.C.) Lutfi Rauf mengajak para hadirin untuk bekerja keras dengan mengutip sebuah falsafah Gontor, “Bondo, bahu, pikir, lek perlu sak nyawane pisan.”

 

Red: Ilmi Hatta

Editor: Atina Husna

 

 

Posting Komentar

0 Komentar