Subscribe Us

header ads

Sujud Syukur Sebagai Awal Mula Rentetan Acara Peringatan 100 Tahun Gontor


Konferensi Pers yang dihadiri oleh Ustadz Riza Azhari, M.Pd.I.,(kiri), Ustadz Dr. H. Khoirul Umam, M.Ec.,(tengah), Ustadz Muchammad Taufiq Affandi, S.H.I., M.Sc.,(kanan)

Cakrawala Online - Dalam rangka memperingati 100 tahun berdirinya Pondok Modern Darussalam Gontor, maka pada hari Ahad (24/9) pagi, panitia 100 tahun Gontor mengadakan Press Conference dengan beberapa media dan disiarkan di platform media sosial PMDG. Dengan acara utama yaitu Sujud Syukur yang akan diadakan pada tanggal 27 September 2023 sebagai tanda dimulainya peringatan 100 tahun Gontor.

Hadir sebagai narasumber pada kesempatan tersebut yaitu Al Ustadz Dr. H. Khoirul Umam, M.Ec., sebagai ketua panitia “Peringatan 100 Tahun Gontor”, Al Ustadz Riza Azhari, M.Pd.I., sebagai ketua pelaksana “Sujud Syukur”, serta Al Ustadz Muchammad Taufiq Affandi, S.H.I., M.Sc., sebagai humas PMDG. 

Dalam penuturan Dr. H. Khoirul Umam, M.Ec., pada tanggal 27 September nanti Gontor sudah mencapai umurnya yang ke 100 tahun, yaitu perhitungan 100 tahun Gontor menurut hitungan hijriyah (12 Robi’ul Awwal 1445 H). Peringatan ini kemudian akan berlanjut sampai pada tahun 2026, atau selama kurun waktu 2 tahun, 11 bulan, dan 25 hari. Ini menjadikan acara peringatan 100 Gontor ini sebagai peringatan paling lama dan sangat bersejarah.

Beliau juga menjelaskan bahwa peringatan ini merupakan suatu tradisi yang sudah dilakukan oleh para Trimurti semenjak Gontor mencapai usianya yang ke 10 tahun. Maka ini merupakan tradisi yang harus dijaga oleh Pondok Modern Darussalam Gontor hingga saat ini.

Semua persiapan yang dilakukan serasi dengan statement yang dipaparkan oleh ketua umum panitia 100 tahun Gontor yaitu Prof. Dr. KH. Hamid Fahmi Zarkasyi, M.A.Ed., M.Phil., “Semua kegiatan 100 tahun ini kita desain dengan sedemikian rupa untuk melahirkan legacy bagi 100 tahun kedua Gontor (September 2026)”. Maka menurut Dr. H. Khoirul Umam acara persiapan ini harus bisa melahirkan legacy bagi 100 tahun Gontor.


Ustadz Dr. H. Khoirul Umam, M.Ec., sebagai ketua panitia hadir menjadi pembicara dalam konferensi pers yang diadakan pada Ahad (24/9) lalu.


Dalam acara sujud syukur tersebut, juga akan dilaksanakan penulisan Mushaf Gontor oleh tim penulis Mushaf Gontor, dilanjutkan dengan sambutan oleh Bapak Pimpinan PMDG beserta tokoh-tokoh masyarakat. 

Acara tersebut juga akan dilaksakan oleh seluruh santri Gontor dengan cabang-cabangnya. Terhitung total sebanyak 30.604 santri, 1.015 tamu undangan, dan 483 pondok alumni. Menjadikan acara ini sebagai acara yang sangat bersejarah dan serentak dilakukan di tempat masing-masing.

Pada tanggal 27 September nanti ada beberapa tamu yang akan datang, diantaranya :

- K.H. Anwar Iskandar (Wakil Rois ‘Amm PBNU & Ketua Umum MUI)

- Dr. K.H. Anwar Abbas (Ketua PP Muhammadiyah bidang UMKM pemberdayaan masyarakat dan lingkungan hidup & Wakil Ketua Umum MUI)

- Dr. Hidayat Nur Wahid (Wakil Ketua MPR RI)

- Dr. Emil Darda (Wakil Gubernur Jawa Timur)

- Ustadz Kyai Abdul Aziz Sidqi (Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Qur’an)


Acara sujud syukur juga akan diadakan di Kampus Putri pada 1 hari setelahnya atau pada tanggal 28 September 2023. Acara ini akan dihadiri oleh:

- Ibu Khofifah Indar Prawansyah (Ibu Gubernur Jawa Timur)


Selain dari rentetan acara yang akan dimulai pada tanggal 27 September nanti. Pondok Modern Darussalam Gontor juga akan mengadakan acara Khotmil Qur’an pada hari Senin (25/9) oleh Jam’iyyatul Huffadz. Pada puncaknya akan diadakan acara khataman secara menyeluruh pada hari Selasa (26/9) oleh semua keluarga besar PMDG beserta para alumninya.

Tercatat juga gebrakan yang akan diadakan oleh para alumni dalam acara “Gerakan 1000 Majlis Khataman Al-Qur’an” dalam rangka mempersiapkan diri dalam acara sujud syukur tanda dimulainya 100 tahun Gontor.


Red : Dewan Redaksi

Reporter : Dimas Dwi 


Posting Komentar

0 Komentar