Subscribe Us

header ads

Mengenal Infused Water, Manfaat dan Beberapa Macam Infused Water Untuk Berbuka Puasa

Cakrawala Mesir - Sobat Cakrawala pasti pernah mendengar istilah Infused water kan? Sebuah minuman sehat, segar, serta mudah dibuat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Bagi sobat Cakrawala yang ingin mengenal lebih jauh mengenai Infused water berikut penjelasannya.


Apa Itu Infused Water ?

Infused water atau air detoks merupakan air mineral yang dicampur dengan irisan buah-buah segar, sayuran, serta rempah-rempah.

Campuran dan irisan bahan segar lalu disimpan dalam botol dan didiamkan selama beberapa jam atau dibiarkan semalaman di kulkas. Setidaknya 1-12 jam agar sari bahan keluar seutuhnya. Usai didiamkan, potongan buah atau sayuran biasanya akan menjadi lembek.

Dengan begitu, tidak ada bahan khusus dalam pembuatan minuman ini. Maka sobat Cakrawala dapat menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah atau menggunakan bahan-bahan dasar yang kalian sukai.

Infused water sangat cocok dikonsumsi bagi yang memiliki berbagai macam kegiatan serta olahraga yang memaksa tubuh untuk terus bekerja.

Minuman sehat ini dipercaya mampu melakukan detoksifikasi berkat nutrisi buah, sayur dan rempah yang ada di dalamnya. Minuman ini juga baik dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan cairan dan elektrolit tubuh serta mencegah dehidrasi.

Infused water sangat mudah untuk dibuat. Kalian bisa menambahkan buah-buahan ataupun rempah-rempah yang ingin kalian tambahkan sesuai selera. Pastikan air yang digunakan adalah air minum yang bersih. Jangan lupa juga untuk mencuci buah atau rempah yang akan digunakan hingga bersih ya.


Berbagai Macam Manfaat Infused Water untuk Kesehatan

Infused water memiliki banyak sekali manfaat, karena dicampur dengan buah-buahan, sayuran atau rempah-rempah, infused water mengandung sedikit vitamin, antioksidan dan elektrolit. Oleh karena itu minuman ini diklaim dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, yaitu:


1. Mendukung Proses Detoksifikasi

Infused water yang terbuat dari campuran buah-buahan segar atau rempah-rempah juga dikenal bermanfaat sebagai air detoks. Minuman ini diyakini bisa membantu tubuh dalam proses pembuangan racun penyebab penyakit dalam tubuh.


2. Melancarkan Metabolisme Tubuh

Mencukupi asupan cairan tubuh, termasuk dengan infused water, dipercaya dapat melancarkan metabolisme. Dengan demikian, tubuh akan mampu membakar lebih banyak kalori dan memperoleh cukup energi.

Metabolisme yang meningkat juga bisa membantu sobat Cakrawala menurunkan berat badan dan menjaganya tetap ideal loh.


3. Mencegah Penuaan Dini

Air putih yang dicampur dengan buah-buahan, seperti delima, kiwi, dan stroberi, atau ketimun kaya akan antioksidan. Kandungan antioksidan pada buah-buahan berkhasiat untuk menangkal efek radikal bebas yang dapat membuat kulit lebih cepat keriput dan menua.

Infused water juga baik dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh, sehingga kulit tetap lembap dan segar. Oleh karena itu, infused water dapat dikonsumsi untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit.


4. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Kebiasaan mengonsumsi minuman atau makanan manis bisa meningkatkan asupan kalori dan gula, sehingga membuat berat badan cepat naik.

Bila gemar mengonsumsi minuman manis, misalnya minuman bersoda atau jus buah kemasan, infused water bisa menjadi pilihan minuman sehat yang dapat kalian konsumsi.

Minuman sehat ini rendah kalori, tetapi tetap mengandung beragam nutrisi penting, seperti vitamin, mineral, serta antioksidan. Selain itu, infused water juga bisa memberikan efek kenyang lebih lama sehingga baik dikonsumsi bagi kalian yang sedang diet atau berusaha menjaga berat badan tetap ideal.


Infused Water Untuk Berbuka Puasa

Infused Water Kurma

Bulan puasa tak lengkap tanpa kehadiran kurma. Selain dimakan langsung, kurma juga bisa dijadikan campuran infused water. Kurma mengandung beberapa vitamin, mineral, serat dan antioksidan.

Kurma adalah sumber fruktosa yang merupakan jenis gula alami yang ditemukan dalam buah. Buah ini juga bisa dijadikan pengganti sehat gula putih dalam resep karena rasanya yang manis dan lebih bernutrisi.


source : iStockphoto

Infused Water Lemon

Lemon kaya akan vitamin C yang baik untuk kekebalan tubuh. Infused water lemon bisa meningkatkan metabolisme tubuh yang bisa mengatasi dehidrasi, masalah pencernaan, dan kelebihan berat badan. Lemon juga dianggap merangsang air liur dan juga membantu mencegah mulut kering yang dapat menyebabkan bau mulut yang disebabkan oleh bakteri.

Terkadang infused water lemon meninggalkan rasa pahit dari kulitnya. Untuk mensiasti ini pastikan untuk merendam lemon tidak lebih dari 4 jam untuk menghindari rasa pahit dari kulitnya yang ditransfer ke dalam air.


Air rendaman mangga dan jahe (Freepik)

Infused Water Mangga dan Jahe

Kombinasi buah lainnya untuk infused water adalah mangga dan jahe. Mangga dan jahe bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Mangga rendah kalori namun kaya nutrisi – terutama vitamin C. Ini dapat menjaga kekebalan dan efektivitas penyerapan zat besi untuk mencegah anemia. Sementara antioksidan dalam jahe dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh dan mengurangi stres.


Infused Water Stroberi dan Kiwi

Stroberi dan kiwi merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Kiwi adalah sumber vitamin C, antioksidan, dan serat yang baik. Stroberi juga kaya akan air yang membantu menghidrasi tubuh. Rasa masam dan manis pada kedua buah ini bisa memberi rasa pada air agar lebih nikmat diminum saat berbuka puasa.

Air detoks stroberi kiwi juga dapat membantu kesehatan jantung, melindungi sistem kekebalan tubuh, mengatur gula darah, dan membantu memperlancar sistem pencernaan.


source : Healthier, Happier

Infused Water Timun

Timun dikenal dengan kandungan airnya yang tinggi. Buah ini juga biasa hadir dalam makanan dan minuman buka puasa. Timun rendah kalori tetapi tinggi air dan beberapa vitamin dan mineral penting. Makan mentimun dengan kulitnya memberikan jumlah nutrisi maksimum.

Karena mentimun terdiri dari sekitar 96% air, mereka sangat efektif dalam mempromosikan hidrasi dan dapat membantu tubuh memenuhi kebutuhan cairan harian.


Infused Water Daun Mint

Daun mint memiliki cita rasa segar dan menyejukkan tubuh. Daun mint bisa membantu meringankan gejala kelelahan dan meningkatkan tingkat energi. Tak Cuma itu, infused water daun mint juga membantu menghilangkan bau mulut selama berpuasa. Daun mint telah terbukti menutupi bau napas selama beberapa jam. Mengunyah daun mint juga dapat membantu membunuh bakteri di mulut penyebab bau.

Daun mint memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena daun mint sendiri kaya akan antioksidan, antimikroba, dan anti-inflamasi. Tidak hanya itu saja, spearmint yang masih merupakan keluarga mint bermanfaat untuk menyeimbangkan hormon.


Minuman detoks air apel dan kayu manis (lovingfruits.com)

Infused Water Apel dan Kayu Manis

Apel kaya akan serat, vitamin, dan mineral, yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan. Apel juga menyediakan berbagai antioksidan yang dapat mencegah berbagai penyakit. Jenis serat dalam apel juga memberi makan bakteri baik dalam usus.

Campuran apel dan kayu manis terbukti mampu membantu melancarkan pencernaan dan sangat cocok untuk mencegah diabetes. Apel dan kayu manis juga bagus untuk menghilangkan kolesterol jahat karena tingginya kandungan antioksidan.


Sobat Cakrawala, demikian beberapa manfaat serta macam-macam infused water yang dapat dikonsumsi untuk membantu meningkatkan immune tubuh di saat puasa. Masih banyak lagi campuran buah, sayur, serta rempah yang dapat dikombinasikan menjadi minuman detoks yang kaya akan sejuta manfaat dan khasiat di dalamnya.


Red : Dimas 


Posting Komentar

0 Komentar