Subscribe Us

header ads

Sensus IKPM; Validkan Data, Kuatkan Silaturahmi


Cakrawala Mesir – Pada tanggal 5 Maret 2023, sekretariat IKPM mengadakan sosialisasi kepada pengurus sensus warga IKPM cabang Kairo. Pada kesempatan itu, ketua IKPM cabang Kairo menyampaikan tentang pentingnya validasi data sebagaimana pentingnya keamanan data pada suatu negara. 

Oleh karena itu, pihak divisi data statistik mengadakan kegiatan sensus untuk warga IKPM dan beberapa pihak lainnya. Seperti Home Staff IKPM, bendahara, dan divisi keputrian yang ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan ini. 


Mengenal Sensus

Apa itu sensus? Sensus adalah cacah jiwa atau suatu kegiatan yang dilaksanakan untuk mengetahui jumlah penduduk suatu tempat dalam kurun waktu tertentu. 

Tujuan diadakannya sensus untuk warga IKPM sendiri untuk memastikan data terbaru tentang jumlah warga, status, tingkat pendidikan, dan domisili tinggal. Adapun semua itu dilakukan untuk mengadakan validasi data serta dapat memudahkan mobilisasi dalam keteratuan administrasi pengurus IKPM yang nantinya akan dilaporkan ke kantor IKPM pusat.


Proses Sensus IKPM

Kegiatan sensus kali ini diadakan dari awal bulan Maret dan ditargetkan selesai sebelum masuknya bulan Ramadhan. Secara garis besar, daerah yang dibagi untuk sensus terdiri dari 5 domisili yaitu: Darrasah, Hay Asyir, Hay Sabi’, Hay Tsamin, dan Tabbah.

Karena keterbatasan pengurus sensus, maka setiap anggota yang disensus adalah mereka yang tinggal di rumah dengan total warga IKPM mencapai tiga orang atau lebih. Selain itu, sensus kali ini baru bisa diterapkan secara online saja dan belum mencapai tahap offline.

Teknisinya yaitu dengan mengelompokkan pengurus sensus yang berisikan 2-3 orang, ada total 12 kelompok yang terdiri dari 7 kelompok putra dan 5 kelompok putri. Kemudian setiap kelompok mencoba menghubungi salah satu dari penghuni rumah yang sudah terbagi untuk melakukan janji temu. 

Lalu setelah janji temu ditentukan, pengurus sensus berkewajiban untuk menvalidasi data yang sudah ada. Kemudian memberikan sosialisasi tentang IKPM dan juga serap aspirasi.

Adapun tujuan paling penting diadakannya sensus kali ini yaitu untuk menjaga tali silaturahmi antar warga IKPM cabang Kairo.


Red : Mannar 

Posting Komentar

0 Komentar