Subscribe Us

header ads

Pertama Dalam Sejarah, Ditemukan Lorong Menuju ke Dalam Piramida Besar Khufu

Kita semua sudah tahu bawah Piramida Giza di Mesir merupakan salah satu dari 7 kejaiban dunia. Di kompleks Piramida Giza terdapat tiga piramida besar, yaitu Piramida Menkaure, Piramida Khafre, dan Piramida Khufu. 


Tapi kalian pernah tahu tidak apa isi dari piramida?

Pada dasarnya piramida adalah bangunan yang dibuat untuk kuburan raja Mesir Kuno, terdapat pintu dan jalan yang mengarahkan ke dalam ruang makam raja yang berisi peti dan berbagai macam  barang dan harta karun milik raja.

Dalam sejarah manusia belum ada yang pernah memasuki dan mengungkap misteri dari ruang makam Piramida Besar Khufu.


Entah itu Yunani, Romawi, Islam, Perancis dan Inggris, mereka semua yang pernah menduduki Mesir belum pernah berhasil menyampai ruang makam Raja Khufu. Bahkan sering kali muncul mitos dan kutukan raja tentang piramida ini. 

Perlu diketahui, Khufu adalah salah satu raja dari dinasti keempat dan piramidanya dibangun selama 20 tahun sekitar tahun 2560 SM.

Namun pada Kamis, 3 Maret 2023, Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir mengumumkan penemuan lorong tersembunyi sepanjang 9 meter di dekat pintu utama Piramida Besar Khufu dengan Scan Pyramids yang menuju ruang makam.

Projek ini dilakukan oleh Universitas Kairo, khususnya Fakultas Teknik dan beberapa peneliti dari Jepang, Prancis, Jerman, Kanada, dan Amerika.

Penemuan lorong ini tidak mudah, karena proyek ini sudah dilakukan selama 7 tahun berkelanjutan sejak tahun 2015.  Proses yang dilakukan untuk meneliti juga banyak, dari menggunakan robot kecil hingga menggunakan teknologi non-invasif seperti termografi inframerah, simulasi 3D, hingga sinar kosmik untuk meingintip ke dalam struktur piramida.

Proyek ini sekarang masih berlanjut dengan menggunakan metode ilmiah muktahir untuk mengungkapkan misteri piramida, penemuan ini masih permulaan dan belum selesai hingga sampai misteri piramida benar-benar terungkap.

“Manusia takut akan waktu, dan waktu takut akan piramida, karena rahasianya yang belum terungkap,” kata Dr. Zahi Hawass setelah mengumumkan penemuan besar ini.


Red: Wi Farma

Ed: Sayyida Aisyah


Posting Komentar

0 Komentar