Subscribe Us

header ads

Gerhana Matahari Terlihat Di Langit Mesir, Jam Berapa?

Gerhana Matahari Terlihat Di Langit Mesir, Jam Berapa?

Gerhana matahari menjadi salah satu fenomena astronomi yang luar biasa.

Ini adalah kali ke-3 gerhana matahari terjadi di tahun 2022. Dan ini merupakan gerhana matahari sebagian yang akan terjadi tepat hari ini, Selasa (25/10).

Gerhana matahari terjadi saat bumi, bulan, dan matahari berada dalam garis sejajar. Kemudian bayangan bulan jatuh di bumi dan menutupi matahari. 

Namun, jika bayangan bulan hanya mampu menutupi sebagian matahari, fenomena ini dinamakan gerhana matahari sebagian.

Gerhana ini hanya bisa disaksikan di sebagian besar Eropa kecuali Portugal dan Spanyol bagian barat, Aljazair bagian barat laut, Tunisia, dan Libya kecuali bagian barat daya.

Selain itu, gerhana matahari juga akan lewat di Mesir, Timur Tengah, Asia Tengah, Asia Selatan, dan Rusia bagian barat.

Dilansir dari laman timeanddate, gerhana ini diperkirakan akan dimulai pada pukul 11.00 CLT dan akan mengalami puncaknya pada pukul 12.00 CLT.

Gerhana matahari sebagian ini akan berlangsung hingga sore hari nanti. 

Fenomena ini tidak bisa disaksikan langsung oleh kasat mata. Melihat langsung ke arah matahari, meskipun beberapa detik ketika gerhana matahari dapat menyebabkan kerusakan serius pada mata. 

Dari dunia medis, ini dipicu dari sinar ultraviolet (UV) yang dipancarkan matahari akan masuk ke mata dan diserap retina, sehingga memicu kerusakan oksidatif atau disebut juga sebagai retinopati surya.

Maka daripada itu untuk menjaga kesehatan mata, ilmuan astronomi Mesir dari National Research Institute Of Astronomy & Geophysics (NRIAG) Helwan menghimbau untuk menghindari kontak langsung atau memakai pelindung mata dari sinar UV adalah pilihan terbaik.


Rep: Dimas DG

Posting Komentar

2 Komentar