Subscribe Us

header ads

Ramadhan Di Gontor, Sebagai Contoh Bahwa Pondok Tidak Pernah Tidur

        Pondok Modern Darussalam Gontor adalah sebuah tempat yang tidak pernah mengenal libur.  Kesadaran pondok terhadap peranan pentingnya untuk menciptakan generasi-generasi unggul mampu membuat pondok selalu berjibaku menggerakkan para santrinya untuk memanfaatkan waktu dan tenaga agar tidak terbuang sia-sia. 

        Di bulan Ramadan, bulan yang seharusnya menjadi waktu libur ini tidak membuat pondok berdiam diri kemudian mati, namun justru menguatkan akar pondasinya sehingga dapat mencapai eksistensi tertinggi di masyarakat dan umat. 

Ramadhan Di Gontor, Sebagai Contoh Bahwa Pondok Tidak Pernah Tidur


        Meskipun bulan Ramadhan para santri Pondok Modern Darussalam Gontor dari kelas 1 sampai kelas 4 libur, namun kelas 5 dan kelas 6 masih dihadapkan dengan berbagai aktivitas.

        Di Gontor, penerimaan santri baru dibuka pada bulan Ramadhan. Tahun ini para asatidz disibukkan dengan persiapan ujian masuk Pondok Modern Darussalam Gontor dan pendaftaran santri baru yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 Ramadhan sampai 27 Ramadhan kemudian disusul ujian tulis dan untuk ujian lisan akan diadakan serentak pada tanggal 5 Syawwal nanti. Dalam persiapan pemantapan tes masuk Gontor, para mahasiswa UNIDA pun turut berkecimpung.

        Sedangkan di Gontor pusat, siswa kelas 5 justru disibukkan dengan berbagai kegiatan yang cukup padat. Mereka dihadapkan dengan Musyawarah Kerja (Muker) Organisasi Pelajar Pondok Modern Darussalam Gontor (OPPM) dan Musyawarah Kerja Koordinator Gerakan Pramuka. Dalam acara ini, kelas 5 menyusun program kerja yang akan dijalankan setahun ke depan, sehingga ketika santri kembali dari liburannya aktivitas dan peraturan sudah dapat dimulai kembali. 

المعْÙ‡َدُ Ù„َا ÙŠَÙ†َامُ Ø£َبَدًا

“Pondok tidak pernah tidur.

- K.H. Shoiman Luqmanul Hakim

        Tidak hanya itu saja siswa kelas 5 KMI juga menjadi motor penggerak kegiatan selama bulan Ramadhan. Mereka menjadi panitia acara yudisium kelas 6 KMI yang dilaksanakan awal bulan Ramadhan, setelah itu mereka juga menjadi panitia dalam acara buka bersama yang akan mengundang ribuan jamaah meliputi siswa kelas 5 dan 6 KMI, para pekerja pondok, masyarakat sekitar dan wali santri. Selain kelas 5, pada acara ini para asatidz juga berkecimpung menjadi panitia.

        Tidak hanya kelas 5 KMI saja yang disibukkan dengan berbagai acara pada bulan Ramadhan, siswa kelas 6 KMI juga mengikuti rentetan kegiatan santri akhir sebelum mereka yudisium. Sebelum Ramadhan, siswa kelas 6 melakukan kegiatan Rihlah Iqtishodiyyah (Economic Study Tour) yang kemudian dilanjutkan dengan pembekalan intensif pada bulan Ramadhan yang terdiri dari pemantapan ibadah, kepondokmodernan, wawasan keilmuan, kepemimpinan, entrepreneurship dan masih banyak lagi. Kegiatan pembekalan ini bertujuan untuk menyiapkan para alumni dengan kesiapan dari segala sisi. Sehingga mereka siap untuk berdakwah di masyarakat setelah resmi menjadi alumni.

        Bukan hanya para santri saja yang sibuk pada bulan Ramadhan, para asatidz juga disibukkan dengan berbagai kegiatan. Para mahasiswa dan guru- guru semester 6 selama bulan Ramadhan ini mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Sementara guru-guru lainnya termasuk para senior juga terlibat dalam sidang kenaikan kelas 1 sampai kelas 5 dan juga sidang kelulusan kelas 6.

        Aktivitas padat selama bulan Ramadhan ini juga berlaku di Gontor cabang baik putra maupun putri, sehingga syiar Gontor "al-ma'hadu la yanamu abadan", yaitu "pondok tidak pernah tidur" bukan hanya sekedar sebuah syi'ar saja, namun juga realisasi dengan berbagai kegiatan sehingga tidak ada kata libur bagi Gontor yang ada hanya pergantian dari satu aktivitas ke aktivitas lain.

*Tulisan ini ditulis oleh Eka Pratiwi Wulandari,  diambil dari salah satu judul dalam Buku GONTOROLOGI.

Untuk kamu yang ingin tahu lebih banyak tentang Gontor, bernostalgia tentang suasana Gontor, atau ingin tahu hal unik tentang Pondok Modern Darussalam Gontor. Cakrawala Mesir sekarang sedang mengadakan PRE-ORDER BUKU GONTOROLOGI.

Pre-Order dilakukan pada tanggal 12 April sampai 22 April 2022. Kami juga memberikan bonus pembatas buku yang menarik dalam setiap pembelian.

Untuk harga kami sedang memberi penawaran baik nih, kami berikan harga spesial pre-order yaitu 45 EGP . Dari harga asli 50 EGP .

Kami juga menyediakan jasa kirim loh. Jadi kamu gak usah capek-capek untuk ke tempat kami untuk membeli.

Yuk, tunggu apalagi? Segera pesan Buku Gontorologi.  Sebagian rindumu akan pondok mungkin akan terjawab dengan buku ini.

Pemesanan:

https://wa.me/201552860147 (Alfian/ Sabi'-Asyir)

https://wa.me/201090772752 (Berliana/Buust) 

https://wa.me/6285233893971 (Amadeus/Darasah)

Apa itu Buku Gontorologi?  Apa isinya?


Posting Komentar

0 Komentar