Subscribe Us

header ads

Kebersamaan Kesekian Yang Tak Pernah Usai

 

Cakrawala, Kairo 09 Maret 2022. Akrab dan beda mungkin sebuah kalimat yang menggambarkan Orkaba (Orientasi Kader Bangsa) tahun ini, wajah sumringah serta nyanyian-nyanyian ala pondok ramai didengungkan dengan nada yang santun membuat sedikit rasa rindu kita tersampaikan meski lewat lagu. Antusias dan semangat yang membara menjadi pembungkus acara di dalamnya. Hari itu wajah-wajah yang tak asing muncul antara percaya dan tidak percaya bisa bercengkrama dan  kembali menyapa di bumi Kinanah Ini.

Mengupas arti orkaba itu sendiri Ustadz Islahul Anam selaku Dewan Pengawas Organisasi Ikpm menjabarkan kalimat kader bangsa memiliki makna terselubung yakni sebuah doa dan harapan agar kelak para mahasiswa baru maupun lama ini menjadi kader bangsa yang bisa bermanfaat, orientasi inipun tak semerta untuk hura-hura semata melainkan adanya orkaba ini tak lain sebagai asas serta pondasi bagi temen-temen yang baru datang karna di dalamnya terdapat 3 materi penting yakni keazharan, keikpman, dinamika masisir.

Bukan IKPM jika dikegiatannya tak dihiasi ajang yang mengasah kebersamaan, orkaba kali ini tak lupa juga dilengkapi dengan permainan yang menguji kekompakan antar kelompoknya bagaimana teman-teman baru harus bersatu dengan karakteristik yang berbeda. Bakat-bakat yang terpendam pun muncul ketika orkaba dari yang mampu membacakan puisi hingga yang mampu menebak nama-nama sastrawan serta pujangga ternama. Bahkan kekompakan memecahkan sebuah balon menjadi ajang paling seru yang ada di dalamnya.

                         

Warna merah sandyakala yang akan segera terbenam ke barat menjadi pertanda bahwa maghrib akan datang dan acara akan usai, seluruh warga IKPM pun berbondong-bondong berkumpul di tempat yang ditentukan. Berpangku tangan menyaksikan dan memperhatikan nama baru serta wajah baru yang akan menghiasi kegiatan-kegiatan ikpm yang akan datang, sebagai estafet kaderisasi yang akan terus berjalan dan terus berkembang ini.

Suara teriakan “Dzakeeya” ketika pengumuan angkatan seketika membuat suasana hening nan damai itu bergerumuh dihujani sorakan dan tepuk tangan yang ramai. Pastinya seluruh warga ikpm mesir menyambut hangat kedatangan teman-teman baru dan berharap besar angkatan dzakeeya kelak mampu merangkul  serta bahu membahu menyukseskan acara kedepannya.

Di akhir sesi acara ketua ikpm Fakhru Muhammad Rozi berpesan untuk tidak bosan-bosan lagi merapatkan barisan saling mengingatkan serta merangkul satu sama lainnya.

 

Oleh : Petik Biru & Muhammad Syamsul

Posting Komentar

0 Komentar