Subscribe Us

header ads

Jangan Dibuang, Inilah 5 Buah Yang Kulitnya Kaya Manfaat

Jangan Dibuang,  Inilah 5 Buah Yang Kulitnya Kaya Manfaat

Halo Sobat Cakrawala!  Nah kali ini kita akan membahas hal yang sepele namun sebenarnya penting untuk diketahui. Seperti yang kita tau, dunia sedang dilanda pandemic Covid-19 yang mewabah di setiap negara.

Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani, alangkah baiknya jika kita rajin mengonsumsi makanan sehat seperti sayur, dan buah-buahan yang kaya akan vitamin. Salah satu hal yang membuat kita tidak ragu untuk membeli buah-buahan di Mesir, karena harga buahnya yang relative murah dibanding di Indonesia. 

Selain mengkonsumsi daging dari buah, ternyata kita juga dapat mengonsumsi kulit dari buah tersebut. Kebanyakan orang yang tidak mengetahui manfaat dari kulit buah, mereka cenderung membuang kulitnya karena menghindari pestisida yang melekat di kulit buah pada umumnya, namun jika kita bisa mencuci hingga menghilangkan pestisida, maka kulit buah dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya tanpa menghilangkan nutrisi didalamnya. 

Kira-kira buah apa saja yang kulitnya mempunyai khasiat seperti dagingnya? Check this out! 

1. Kulit Pisang

Jangan Dibuang,  Inilah 5 Buah Yang Kulitnya Kaya Manfaat


Buah ini sangat mudah kita jumpai di ba'alah terdekat, baik yang di samping jalan maupun di pasar tradisional. Dengan harga kisaran 10-12 le kita bisa membawa pulang dan menikmatinya bersama kawan-kawan atau keluarga tercinta. Tetapi, setelah mengonsumsi buah pisang alangkah baiknya kita tidak membuang kulitnya karena manfaat yang terdapat di dalamnya. 

Berikut adalah macam-macam manfaat dari kulit buah pisang. 

  • Kulit pisang dapat mengurangi jerawat serta mencegah kerutan pada wajah, karena nutrisi vitamin C, vitamin E, kalium, seng (zinc), besi, dan mangan yang dapat menenangkan kulit yang meradang dan mengurangi jerawat, adapun kandungan lain berupa lutein dan karotenoid yang membantu melawan peradangan jerawat. 
Caranya : gosok kulit pisang ke kulit wajah dengan lembut dan biarkan selama 5 hingga 10 menit. Kemudian, bilas dengan air. Aplikasikan cara ini dua kali sehari.
  • Selain membantu mengurangi peradangan pada jerawat, kulit pisang juga dapat mengatasi permasalahan lain pada wajah, karena kandungan antioksidan dan vitamin C kulit pisang dapat mengurangi kerutan di wajah. 
Caranya : gosok kulit pisang ke kulit wajah yang dirasa mulai kehilangan elastisitasnya dan biarkan selama 30 menit. Lalu, cuci muka dan lembabkan. Ulangi tiap 3 kali seminggu. 
  • Kulit pisang dapat mengurangi rasa gatal dan menghilangkan bekas luka pada kulit atau bahkan bisa mengurangi iritasi kulit secara drastis seperti pembengkakan, kemerahan, serta jaringan parut. Kandungan seperti magnesium, vitamin C, dan vitamin E, ternyata dapat menghilangkan gatal dari racun ivy atau gigitan nyamuk. 
Caranya oleskan kulit pisang ke area kulit, diamkan selama 10 hingga 15 menit.

2. Kulit Jeruk

Jangan Dibuang,  Inilah 5 Buah Yang Kulitnya Kaya Manfaat

Di penghujung musim dingin ini, masih banyak kita jumpai penjual buah jeruk yang menjajakannya dengan harga yang cukup miring, sehingga kita tidak perlu khawatir tidak mendapatkan buah yang kaya akan vitamin C ini. 

Tetapi, tahukan kamu? Ternyata kandungan vitamin C pada kulit jeruk lebih tinggi daripada daging buah jeruk itu sendiri. Menurut penelitian, jumlah vitamin C kulit jeruk sebesar 136 mg berbeda jauh dengan daging buahnya yang hanya memiliki 71 mg vitamin C. 

Maka dari itu, rasanya sia sia jika kita hanya membuang kulitnya tanpa memanfaatkannya dengan baik.

Berikut beberapa manfaat kulit jeruk:

  • Karena kandungan vitamin C nya, kulit jeruk dapat mencerahkan kulit yang kusam serta menghilangkan komedo.
Caranya dengan mencampurkan kulit jeruk dengan masker atau scrub. Tidak hanya itu, kulit jeruk juga dapat mengelupaskan sel kulit mati karena kandungan lactic acids. 
  • Kulit jeruk dapat mengatasi kulit berminyak dengan cara merendam kulit jeruk dalam air hangat kemudian gunakan sebagai face mist. 
  • Selain mengandung vitamin C, kulit jeruk juga memiliki kandungan vitamin C dan B. Ketiga vitamin ini sangat membantu dalam peremajaan kulit, sehingga tidak cepat terkena penuaan dini.


3. Kulit Semangka

Jangan Dibuang,  Inilah 5 Buah Yang Kulitnya Kaya Manfaat

Buah yang identik dengan musim panas ini sangat mudah dijumpai sekitar bulan mei sampai september, buah ini selalu menjadi pilihan ketika musim panas melanda Mesir, dengan ciri khas buah yang kaya dengan air sehingga dapat menghilangkan dahaga masisir yang dilanda terik matahari. 

Tak hanya daging buah semangka saja yang bernutrisi tinggi, tetapi juga kulitnya yang kaya akan vitamin C dan vitamin B6.

Berikut merupakan manfaat kulit semangka bagi kesehatan:

  • Mengonsumsi kulit buah semangka, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C yang terdapat didalamnya, dapat merangsang produksi peningkatan sel darah putih yang menjadi garis pertama pertahanan terhadap infeksi dan patogen asing dalam tubuh, sehingga dapat memberikan benteng pertahanan terhadap sistem kekebalan tubuh pada manusia. 
  • Manfaat selanjutnya ialah dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan citrulline pada kulit semangka dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh, sehingga tekanan darah dapat lebih stabil. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian bahwa suplemen ekstrak buah semangka dapat membantu mengendalikan tekanan darah pada orang dewasa yang mengalami obesitas. 
  • Meningkatkan kebugaran tubuh juga merupakan efek dari mengonsumsi kulit buah semangka. Sebuah penelitian di Universitas Politectica de Cartagena di Spanyol mengemukakan bahwa dengan mengonsumsi kulit buah semangka dapat memberikan efek perubahan pada laju detak jantung dan tingkat nyeri otot yang semakin menurun yang disebabkan nyeri otot pasca olahraga.
  • Selain itu, manfaatnya juga dapat dirasakan setelah berolahraga yakni dengan menurunnya rasa lelah pada otot serta menurunnya tingkat stress. Hal ini tidak lepas dari peran citrulline yang dapat membantu menyintesis nitrat oksida dan meningkatkan aliran glukosa dalam otot rangka.

4. Kulit Apel

Jangan Dibuang,  Inilah 5 Buah Yang Kulitnya Kaya Manfaat

Siapa sangka, ternyata kulit buah apel memiliki khasiat yang lebih banyak daripada daging buahnya, karena nyaris seluruh dari khasiat buah ini terdapat pada kulitnya. Diketahui kulit apel sendiri memiliki zat baik diantaranya: quercetin, antioksidan, asam folat, kalsium, dan flavonoid. 

Dan berikut adalah manfaat mengonsumsi kulit buah apel:

  • Dapat mengurangi risiko kanker, sebuah penelitian mengenai pengaruh ekstrak kulit apel terhadap pertumbuhan beberapa jenis kanker menemukan bahwa ekstrak kulit apel berpotensi besar dalam mencegah kanker, karena kandungan sejenis protein bernama maspin. Protein ini bekerja dengan menghambat pembentukan pembuluh darah di sekitar tumor serta mencegah sel kanker menyebar.
  • Menjaga kesehatan sendi, kandungan antioksidan dalam kulit apel terbukti bisa mengurangi gejala dan nyeri kronis pada penderita gangguan sendi. Senyawa antioksidan ini berperan langsung pada sel tubuh dengan melindunginya dari radikal bebas dan inflamasi (peradangan). 
  • Sumber serat terbesar buah apel terdapat pada kulitnya. Jika saja kita kita memakan buah apel dengan mengupas kulitnya, maka jumlah serat yang tadinya sebesar 5,4 gram akan menjadi 2,8 gram saja. Karena serat adalah nutrisi penting yang dibutuhkan dalam proses pencernaan dalam tubuh sehingga mengurangi risiko sembelit, diabetes, irritable bowel syndrome, hingga kanker usus besar.

5. Kulit Mentimun

Jangan Dibuang,  Inilah 5 Buah Yang Kulitnya Kaya Manfaat

Terakhir, kulit buah yang memiliki khasiat yang tidak banyak orang ketahui adalah kulit mentimun. Timun kaya akan berbagai nutrisi yang diperlukan tubuh. Apalagi jika seseorang mengonsumsinya bersamaan dengan dagingnya.

Tetapi jika kamu mengupas habis kulit mentimun ini, maka siap-siaplah kehabisan zat zat penting yang tidak didapatkan pada daging mentimun. 

Berikut adalah manfaat dari kulit buah mentimun:

  • Kulit mentimun memiliki kandungan vitamin K yang memicu produksi berbagai protein tertentu yang dibutuhkan tulang agar tetap kuat dan padat. Selain bagus untuk kekuatan tulang, vitamin K juga bisa memperbaiki dan memicu sel-sel baru dalam tubuh, karena darah manusia juga memerlukan vitamin K agar tidak terlalu encer serta mencegah pendarahan. 
  • Dalam kulit timun terdapat kandungan betakaroten yang tinggi. Kandungan betakaroten adalah jenis vitamin A yang bisa menjaga kesehatan mata. Selain itu, betakaroten juga dibutuhkan oleh sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus, bakteri, dan kuman penyebab penyakit.
  • Selain memiliki kandungan betakaroten, kulit mentimun juga rendah kalori. Pada setiap irisan mentimun, hanya memiliki 1 sampai 2 kalori saja. Walaupun memiliki kalori yang sedikit, namun dapat membuat kamu lebih cepat kenyang. Hal ini cocok untuk orang yang sedang dalam program diet, jadi tidak perlu takut gendut ketika mengonsumsi mentimun beserta kulitnya.

Dari pemaparan 5 kulit buah yang memiliki segudang manfaat, masihkah kita akan mengupas atau membuang kulit dari buah tersebut? 

Rasanya sia-sia jika kita tidak mengambil manfaat dari buah-buah yang begitu familiar di sekitar kita. Jikalau kita khawatir dengan adanya pestisida yang kerap kali menjadi ketakutan tersendiri ketika kita mengonsumsi buah beserta kulitnya, maka jangan ragu untuk mencucinya hingga bersih, sehingga semua manfaat dari buah tersebut dapat menyehatkan tubuh kita. 

Jadi, jangan lupa membiasakan diri untuk hidup sehat dengan makanan yang kaya akan zat baik dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita. Karena jika tubuh kita sehat, maka akal kita juga akan ikut kuat. Salam redaksi Cakrawala.

Sumber: Majalah Cakrawala Edisi "New Normal, Masisir Bisa Apa?" ditulis oleh Almeyda Sheffy Hilda

Posting Komentar

0 Komentar