Subscribe Us

header ads

7 Cara Menangkis dan Menghadapi Komentar Negatif Netizen

7 Cara Menangkis dan Menghadapi Komentar Negatif Netizen



Hidup di zaman milineal ini memang tidak bisa dipungkiri lagi, ini adalah zaman media sosial. Dimana sedikit-sedikit kegiatan kita langsung ingin di-up dan di ekspos di dunia maya. Bukan bermaksud untuk riya’ ataupun sombong. Tetapi hal ini merupakan kebanggaan terhadap diri sendiri apalagi akhir-akhir ini banyak vlogger-vlogger baru yang bermunculan, lucu sedikit viral, bagus sedikit share.


Zaman milineal seperti sekarang ini, anak-anak muda banyak yang menghabiskan waktunya dengan jejaring sosial. Kemana saja mereka pergi, hal yang tak pernah luput adalah mengabadikan moment jalan-jalan. 


Memposting foto di jejaring sosial, terkadang menggiring kita terhadap 2 hal. Memberi komentar negatif ataupun positif. Dengan adanya komentar positif sang pemilik akun bisa terbang, bangga dan melayang laksana kupu-kupu. Karena mereka terkadang memposting foto itu guna mendapatkan perhatian dan pujian dari warganet. Sedangkan komentar negatif terkadang membuat kita minder dan terhenti untuk berkarya. Biasanya ini adalah ulah netizen yang tidak ada kerjaan serta dangkal akan pengetahuan. Untuk menghadapi netizen seperti ini, kita selaku pemilik akun harus mempersiapkan tujuh cara untuk menangkis komentar negatif.


1. Hindari Perdebatan

Ini adalah cara terbaik untuk menghadapi komentar negatif netizen. Hindari debat yang tidak ada ujungnya, karena kalau kita berdebat di jejaring sosial. Malah membuat kita malu sendiri. Mencoba untuk tetap tenang dan obyektif. Tunjukan bahwasanya kita bisa menerima kritikan terbuka.


2. Bersikap positif

Sikap ini bisa membantu kita meredam amarah dan tetap bersikap tenang. Mencoba bersikap lebih empati dan peduli kepada mereka yang sering mengkritik kita. Mungkin ada sesuatu yang bisa kita jadikan evaluasi untuk menjadi lebih baik kedepannya.


3. Berbicara 

Berbicara adalah jurus yang paling tepat untuk membalas komentar negatif mereka. Bicaralah kepada mereka tentang ketidak nyamanan yang kita rasakan. Tetapi jangan disampaikan secara online melainkan bertatap muka secara langsung.


4. Mengabaikan

Abaikan saja netizen yang berkomentar negatif, kita tidak perlu mengurusi masalah tidak penting yang tidak ada kaitannya dengan kita. Respon yang kita tunjukkan terkadang membuat mereka semakin senang dan merasa puas mengerjai kita. Jangan sampai jatuh dilubang yang sama.


5. Mengobrol dengan teman

Teman adalah curahan terbaik untuk meluapkan keluh-kesah kita. Kita juga bisa meminta masukan dari mereka. Sekali lagi jangan sampai netizen membuat kita berhenti berkarya.


6. Percaya Diri

Tunjukkan pada netizen bahwa kita dapat merespon masalah dengan cara yang dewasa. Tidak seperti mereka yang bersikap kekanak-kanakan. Jadilah tipe orang yang percaya diri dan tidak usah takut untuk membela diri.


7. Maju terus pantang mundur

Biarkan orang lain mau berkomentar apa tentang kita. Yang penting adalah kita dapat menghadapi semua masalah itu secara dewasa. Jangan biarkan komentar negatif netizen mencederai kepercayaan diri kita. Lakukan apa yang kita suka dan jadilah diri sendiri.


Dengan tujuh hal diatas semoga kita bisa membentengi diri kita dari yang namanya komentar negatif, jangan sampai kita berhenti berkarya gara-gara cuitan netizen. Just be your self. Tidak usah kita pedulikan apa yang netizen katakan. Karena sebanyak apapun orang yang senang membicarakan kita, secara tidak langsung dia sedang memberikan pahala kepada kita.


Sumber: Majalah Cakrawala Edisi 10 "Lingkaran Politik" 


Posting Komentar

0 Komentar