Subscribe Us

header ads

5 Menit

5 menit


Cerpen Oleh : Pra Causa

Kenalin, namanya Dendra, salah satu temen gue yang cukup inspiratif. Kenapa gue bilang inspiratif, soalnya Dendra sekarang berubah 180 derajat menjadi lebih baik. Lo gak tau kan gimana dia yang dulu. Oke, nih gue ceritain.


Dendra Aji Prasetya adalah seorang public figure dengan sejuta karyanya. Ia telah mengisi banyak sekali acara-acara di TV. Gak cuma itu, dia juga sering ditawarin jadi pembicara dalam acara seminar motivasi di kampus-kampus ternama, hebat kan. Nah, dari mana gue bilang dia inspiratif? Berawal dari kehidupan Dendra yang dulu dengan yang sekarang.


Dendra yang dulu adalah seorang yang kalo boleh dibilang, gak punya apa-apa. Ayahnya seorang petani dan ibunya penjahit rumahan. Setamat SMA, dia pengen banget lanjut kuliah, tapi ekonomi keluarganya ngga nyanggupin. Belum lagi, ayahnya udah mulai sakit-sakitan, ayahnya punya penyakit liver. Dendra sadar, meminta jatah buat biaya kuliah ke orang tua bukanlah suatu jalan yang tepat. Seorang Dendra, yang memang asalnya adalah anak yang rajin dan pintar gak nyerah gitu aja.


Dia akhirnya ngambil jalan untuk menjadi seorang penjual koran keliling yang menjajakan korannya ke perempatan-perempatan jalan raya. Niat dia sih, hasil jual korannya itu bakal dia tabung buat biaya kuliahnya. Di pinggir jalan, dia sering ketemu teman-teman SMA nya dulu. Bahkan pernah suatu saat, ketika dia menjajakan korannya di salah satu mobil mewah, waktu dia ketok kaca mobilnya, pas dibuka, ternyata si Dinda. Oh ya, Dinda adalah temen perempuannya yang paling cantik di kelas. Nah, si Dendra pernah bilang ke gue kalo dia suka sama Dinda. Dia ngarepnya sih, bisa ketemu lagi sama Dinda ketika dia udah jadi orang besar. Yah, mentang-mentang dia kurus bilangnya pingin besar gitu kan, eh. 


Oke, balik lagi ke cerita tadi. Pasti dan gak diragukan lagi, Dendra kaget sekaget-kagetnya ketemu Dinda dalam keadaan masih kurus, emm, maksudnya belum jadi orang besar, bahkan masih tergolong gelandangan sih. Hehe.


Lebih kagetnya lagi, ketika ngeliat kelakuan si Dinda. Dengan sombongnya Dinda bilang, “Hah, lo kan Dendra, kenapa? Oh, mau minta uang receh ya? Tuh.” Sambil ngelempar ceban ke Dendra. Gile tuh bocah, bukannya ngebantu malah ngerendahin, pake dilempar ceban lagi, mending cepek ye kan. Eh, maaf khilaf. Oke lanjut. Dari situ Dendra sadar, ternyata orang yang selama ini dia anggap istimewa di hatinya malah berpandangan materialis. Yah, gitu deh. 


Enam bulan berlalu, koran yang biasa dia jual udah mulai ngga laku lagi. Soalnya udah kalah sama Instagram, Twitter, Youtube, apalagi sekarang hampir setiap kafe atau warung kopi gitu udah banyak yang pasang WiFi. Jadi, orang-orang pada nongkrong sambil baca berita, udah santai banget dah. Apalagi orang-orang yang menderita kanker kayak gue nih, kantong kering, gak ada kuota, langsung dah, duduk di pojokan kafe sambil buka hp aktifin WiFi, aman semalaman. Kalo ditanya sama pelayan kafe, “Mau pesen apa bang?” jawaban yang pas dan paling dewasa, “Air putih aja, saya lagi program cegah diabetes.” Hehe.


Melihat itu, mulailah Dendra mencari jalan lain buat ngumpulin biaya kuliahnya. Eh, gak taunya pas dia lagi duduk di depan gerbang rumah orang, ada mobil mau masuk rumah, “Tiin,” kaget tuh si Dendra, dikiranya dia gelandangan atau lebih parahnya lagi maling. 


Spontan dia berdiri, angkat tangan, teriak sambil merem. “Ampun Om, saya bukan maling Om, gelandangan aja ngga papa deh, tapi sumpah saya bukan maling Om!” Eh gak taunya, orang yang di dalem mobil tuh keluar, makin takut aja si Dendra jadinya. Pas keluar, dikirain mau ngelabrak atau minimal ngomelin, eh malah dipeluk tuh si Dendra. “Ya ampun Dendra, lo gimana kabarnya? Baik kan?” Dendra makin kaget tuh, baru kali ini dia ngeliat orang tajir mau meluk gelandangan. Eh pas dilihat, ternyata si Anton. Dia temen kita di sekolah, yah emang bukan sekelas sih, tapi kita saling kenal dekat. Anton ini anak band ketika di SMA, sering tuh dia ngajak kita berdua buat jadi kru manager band dia. Yah, meskipun cuma buat tukang megangin tas sama baju ganti sih.


“Eh Anton, hehe, kirain om om jahat tadi,” kata Dendra sambil nggaruk kepala.


“Om? Emang tampang gue udah kayak om om apa?” tanya Anton sambil ketawa kecil.


“Engga sih, kayak babang-babang ganteng yang sering difoto di tugu pancoran,” jawab si Dendra nyari perhatian lain, biar si Anton gak illfeel gitu.


“Ah, bisa aja lo Ndra. Eh, ngomong-ngomong lo ngapain di sini Ndra? Depan rumah gue?”


“Oh ini rumah lo Ton. Eh, engga sih, cuma nyari angin aja tadi, kebetulan aja lewat depan rumah lo.”


“Eh Ndra, lo sekarang lagi free ngga?” tanya Anton sedikit memotong perkataan Dendra.


“Hah, free, emm, iya sih, gu .. gue emang lagi free sih. Free banget malahan. Hehe, emang ada apa Ton?”


“Nah pas banget nih, gimana kalo lo gue ajak jadi pengisi podcast gue. Gue sekarang lagi demen nih ngisi podcast, lumayan kalo banyak subscribernya bisa buat tambahan uang jajan lo di kuliah, ya gak?”


“Oh, boleh tuh, gimana-gimana?” tanya si Dendra penasaran.


Nah, dari si Anton ini Dendra jadi sering ngisi podcast. Dari situ juga si Dendra dapet gaji, yah, lumayan sih, daripada jualan koran. Mulai hari itu Dendra pulang pergi ke rumah si Anton.


Udah hampir setahun Dendra ngisi podcast, sampai suatu ketika seorang perempuan dengan pakaian mewah, pokoknya kelihatan banget dia tuh orang kaya, dateng ke rumah si Anton, kebetulan Anton lagi keluar dan Dendra yang ngebukain pintu. Pas dibuka, spontan si Dendra bilang, “Maaf mbak, Anton nya lagi keluar barusan.”


“Mas yang namanya Dendra Aji itu ya? Yang sering ngisi podcast Suara Kumal?” tanya si mbaknya langsung.


“Iya Mbak, saya, ada apa ya Mbak kok tumben orang nyari saya, biasanya sih Anton yang sering dicari,” jawab Dendra sambil tersenyum bingung. Ya dia bingung, ada perempuan dengan gaya yang mirip kayak selebritis nyariin dia. Jadi kepikiran tuh dia, “Emang gue pernah utang apaan yak sampe dicari orang kayak beginian.”


Nah, singkat ceritanya, perempuan itu ternyata pemilik salah satu acara TV yang tayang live tiap seminggu sekali. Genre acaranya talkshow, tapi agak sedikit komedian santai gitu. Nah, dia lagi nyari host buat ngebawain acara TV nya itu.


“Saya tahu Mas Dendra, ya dari podcast Suara Kumal yang Mas bawa itu, awalnya saya nyari sih dari semua pengisi podcast, saya dengerin tiap episodenya 5 menitan. Sampe nemuin karakter pembawa acara yang pas buat acara TV saya Mas. Pas denger channel Suara Kumal yang Mas isi, saya baru dapet karakter yang pas nih, dan isinya juga bagus dan berbobot, so inspiring banget. Sebenernya udah lama sih Mas saya dengerin Suara Kumal, per episode saya replay terus, sampai saya subscribe channelnya Mas. Nah, sekarang saya mau nawarin Mas nih, jadi host di acara TV saya, gimana?” jelas mbaknya tadi.


Dari situlah, seorang Dendra Aji Prasetya dikenal oleh khalayak, gak cuma acara TV doang, dia juga sering diundang di seminar pelatihan public speaking, sampai pernah ngebawain Stand Up Comedy di kafe-kafe besar. Dari sini, dia bilang, “Hanya ada dua Dendra saat ini, Dendra setelah perubahan dan Dendra sebelum perubahan. Lo sadar gak, kalo misalnya gue mood-moodan atau males-malesan pas ngisi podcast, kebayang gak dari 5 menit itu, mbak yang nyari gue bakal nawarin gue? Makanya pelajaran yang gue ambil nih, terkadang kebanyakan orang menyia-nyiakan kesempatan 5 menit mereka. Padahal, impian besar mereka ditentukan di 5 menit itu. Ini yang sering terjadi di kebanyakan orang, kalo gue orangnya masih mood-moodan, gak maksimalis, ya hidup gue gak bakal berubah, makanya jangan sia-siakan setiap 5 menit kesempatan yang ada di hidup lo sob.”

Posting Komentar

0 Komentar