Subscribe Us

header ads

19 Hal-Hal Sederhana Yang Membuat Kamu Pintar

19 Hal-Hal Sederhana Yang Membuat Kamu Pintar

Seberapakah pintar diri kamu? Untuk mengetahui kepintaran biasanya diukur dengan tes IQ. Namun tahukah kamu? Sebenarnya semua manusia dalam keadaan sama ketika baru lahir tidak langsung pintar. Manusia diberikan penglihatan, pendengaran dan hati untuk belajar. 


وَاللَّهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ لَا تَعْلَمُونَ شَيْئًا وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالْأَبْصَارَ وَالْأَفْئِدَةَ ۙ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ


“Dan Allah mengeluarkan kalian dari perut ibu kalian dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kalian pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.” (Qs. An-Nahl [16]: 78)


Kita diberkahi itu semua agar selalu bersyukur kepada Allah Swt. dengan menjaga kesehatan dan melatih otak, pikiran dan hati. Latihan otak melibatkan sense fisik dan emosional. Mulai dari penglihatan, sentuhan, rasa, dan pendengaran.


Ada kebiasaan sederhana untuk melatih sense fisik dan emosional. Manfaat pelatihan ini akan mempengaruhi cara berpikir, gaya hidup sehingga merasakan kemudahan dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari.


Nah, berikut adalah beberapa hal sederhana yang dapat meningkatkan kecerdasan:


1. Minum air putih setelah bangun tidur

Manusia membutuhkan air untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh, khususnya ketika kita bangun tidur mengalami defisit air. 


Sebuah studi menerangkan bahwa meminum banyak air dapat meningkatkan kemampuan untuk fokus dalam menyelesaikan tugas-tugas dengan baik. Usahakan meminum air setelah bangun tidur, sebelum makan, sebelum beraktivitas, dan sebelum tidur. Cukupilah kebutuhan air dalam tubuh dan jangan sampai dehidrasi!


2. Membaca, membaca, dan membaca.

Membaca dipermisalkan seperti latihan kardio (olahraga ringan) untuk melatih otak. Otak perlu dilatih dan diasah agar tidak tumpul. Cara terbaik dan mudah ini dapat berdampak sesuatu yang menyenangkan bagi otak untuk aktif. Keuntungan lainnya adalah menambah wawasan, meningkatkan keahlian kognotif dan perbendaharaan kosakata.


Nah, banyak sekali buku fiksi dan non-fiksi yang dapat kita baca. Bahkan koran dan artikel pendek di intenet. Usahakan membaca sehari walaupun hanya satu bab dalam buku.


3.Mendengarkan audio

Mendengarkan audio dapat mempengaruhi suasana hati atau mood untuk membangkitkan semangat atau menenangkan pikiran. 


Psikologi klinis bidang Cognotive Behavioral Therapy, Dr. Emma Gray, dari The British CBT and Counselling Service, London, melakukan sebuah penelitian terhadap siswa yang mendengarkan genre musik klasik dengan pengaruh kinerja otak dengan hasil yang luar biasa. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa siswa yang mendengarkan musik klasik dapat merangsang dan menambah konsentrasi terhadap materi yang diterima.


Hal lain yang melebihi keunggulan dari mendengarkan musik klasik adalah mendengarkan bacaan Al-Qur’an Al-Karim. Karena bacaan ayat suci Al-Qur’an Al-Karim memiliki resonansi yang natural sehingga menimbulkan relaksasi terbaik.


4. Melakukan permainan strategi atau teka-teki

Bermain games adalah cara asyik dan menyenangkan dalam melatih otak untuk tidak pasif. Mainkan game yang mengasah kecerdasan dan mestimulasi pikiran. Contoh permainan strategi dan teka-teki yang melatih otak adalah soal-soal, kuis teka-teki, TTS, catur, Sudoku, puzzle, tebak kata atau gambar. Bahkan juga bisa kalian unduh melalui smartphone. 


5. Membuat list dan target untuk esok hari

Luangkan waktumu 7-10 menit untuk membuat list. List di sini ada dua: target list dan done list.


Target list adalah daftar kegiatan yang akan kita lakukan esok hari sehingga kegiatan kita terprogram. Atau ketika kita bingung membuat program, buatlah ide yang bodoh dan sepele seperti mengubah posisi kasur, meja, dan kursi. Kita tidak tahu dengan perubahan ini akan merubah suasana dan mood dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Dengan membuat list ini kita akan terbiasa berpikir dan melatih otak untuk melakukan sesuatu dan fokus terhadap apa yang akan kita lakukan.

Done list adalah daftar sesuatu yang telah kita raih atau kerjakan. Tujuan dari done list adalah membangun rasa percaya diri dan rasa bahagia dengan cara menengok kembali pencapaian apa saja yang telah berhasil kita raih. Dari hal yang kita raih kita bisa melatih otak untuk melakukan evaluasi terhadap apa yang kita lakukan.


6. Jalan-jalan keluar alam terbuka

Penelitian David Strayer, PhD, professor of cognition and neuroscience di University of Utah menunjukkan bahwa berjalan-jalan di alam dapat meningkatkan pemecahan masalah secara kreatif sebanyak 50 persen.


"Penelitian kami menunjukkan bahwa berada di alam dapat memulihkan sirkuit perhatian yang hilang, meningkatkan kemampuan kita untuk menjadi kreatif, dan memecahkan masalah",  kata David Stayer.


"Ini memungkinkan korteks prefrontal, area otak yang sangat penting untuk berpikir kritis, pemecahan masalah, pengambilan keputusan, perencanaan strategis, dan pengendalian impuls untuk bisa beristirahat."


7. Berteman dengan orang baru, pintar dan suka berdiskusi

Pergaulan juga mempengaruhi kehidupan seseorang, menurut sebuah penelitian, lima teman dekat kita akan mempengaruhi sikap, kebiasaan, kecerdasan dan pola pikir kita.


Bertemanlah dengan orang pintar dan suka berdiskusi maka akan menginspirasi kita untuk belajar dan maju. Kalaupun kita tidak tahu orang pintar akan bersedia mengajari dan berbagi wawasan ataupun pengalaman kepada kita.


Berteman dengan orang baru. Ketika kita bertemu dan ngobrol dengan orang baru, maka kita akan membuka pikiran untuk mendapatkan berbagai pendapat. Akan mendapatkan informasi yang baru yang lebih bermanfaat akan mengembangkan pola pikir dan otak.


8. Cukup tidur dan tidur siang

Kurang tidur akan menghambat otak, kemampuan berpikir otomatis menurun konsentrasi berkurang. 


"Peneliti University of Rochester menemukan bahwa ketika anda tidur, cairan di sekitar sel-sel otak anda mencuci sisa-sisa protein beracun yang menumpuk di otak ketika anda bangun", kata ahli tidur Richard Shane, PhD, pencipta metode Sleep Easy.


"Tidur nyenyak telah terbukti meningkatkan kewaspadaan, rentang perhatian, kemampuan memecahkan masalah, pengambilan keputusan, kecepatan berpikir, penalaran logis, dan memori."


9. Memakan makanan sehat

Memakan makanan sehat adalah memberikan nutrisi bagi sel-sel otak yang cukup agar tetap sehat dan focus. Makanan yang cocok untuk kecerdasan otak adalah yang berprotein tinggi dan omega 3 seperti ikan dan telur.


10. Meditasi, istirahat, dan santai

Sebuah penelitian menemukan bahwa meditasi membuat kita lebih santai, tenang, fokus, dan tidak stress. Manfaat positif bagi otak akan lebih terbuka dalam menyerap informasi ketika sedang kondisi tersebut.


Cobalah untuk istirahat dan santai. Belajar terus-menerus akan membuat kita merasa jenuh dan bosan sehingga informasi dan pengetahuan tidak bisa kita terima. Istirahat yang paling baik adalah shalat dan berdzikir.


11. Melakukan hal baru

Melakukan hal yang baru akan menantang kemampuan otak. Ketika otakmu ditantang, maka neuron otak akan terbuka. Otak cenderung akan lebih tajam ketika secara terus-menerus ditantang.


12. Tulis apa yang kamu pelajari

Menulis adalah cara terbaik untuk berpikir dan menangkap pengetahuan dan informasi serta melatih daya ingat.  Otak akan berstimulasi untuk berpikir. Siapkan buku catatan dan bolpoin setiap saat untuk mencatat hal-hal yang penting.


Menurut penelitian menulis dengan tangan di atas kertas membuat kita lebih pintar, karena syaraf motorik akan ikut bekerja sehingga lebih fokus dan lebih selektif tentang apa yang ditulis dan proses ekstra ini membantu untuk memahami dan mempertahankan konsep dengan lebih baik daripada apa yang ditulis dengan keyboard komputer atau touchscreen. 


13. Mengamalkan dan menjelaskan apa yang kita pelajari

Sebaik-baik belajar adalah mengajarkannya kepada orang lain. Dari sini kita dipaksa untuk memahami apa yang kita ajarkan. Semakin sering mengajarkannya maka akan semakin kuat pemahaman dan ingatan kita.  Begitu juga para guru dan dosen, mereka bisa pintar karena sering mengajar.


Amalkan dan terapkan apa yang telah kita pelajari. Ada istilah learning-by-doing, belajar sambil melakukan, karena salah satu cara efektif untuk tambah cerdas dan tajam.


14. Memanfaatkan smartphone dan waktu online sebaik mungkin

Gunakanlah ponsel sebaik mungkin dengan menginstal aplikasi yang bermanfaat yang menambah pintar seperti e-book, berita, belajar bahasa, kamus, permainan yang melatih otak serta aplikasi edukasi lainnya.


Gunakan waktu online kita untuk membaca berita, blog, kursus online, video edukasi dan situs pengetahuan yang memperluas wawasan pengetahuan. Bukan hanya chattingan terus-menerus, berselancar di media social melihat hewan lucu yang tidak ada habisnya, atau status dan berita hoax yang memprovokasi dan menyulut emosi. Sering melihat smartphone tidak bikin kamu makin pintar, tapi apa yang kamu buka bisa menentukan kecerdasan. Smartphone for smartpeople.


15. Baca koran atau lihat berita di media massa

Jejali otak kita dengan informasi terbaru seputar kehidupan kita bahkan dunia dengan membaca berita. Begitu orang membahas hal tersebut maka akan ikut mengobrol sehingga membangkitkan semangat membaca dan daya ingat.


16. Berjemur

Sinar matahari di pagi hari dapat memberikan dampak positif dalam kemampuan kognotif. Dalam satu penelitian pada hewan, mendapat paparan vitamin D dari cahaya matahari mengarah pada peningkatan kinerja pada memori dan tugas belajar.


17. Melatih panca indera dengan sesuatu yang baru dan beda

Ada beberapa hal sederhana untuk melatih panca indera:

  •  Cobalah makan makanan yang nggak kamu kenal sebelumnya. Ini akan menumbuhkan sugesti positif pada diri dan otakmu, bahwa mencoba hal-hal baru itu banyak menimbulkan hal-hal positif
  • Kalau kamu biasa menyikat gigi dengan tangan kanan, kali ini cobalah dengan tangan sebelah kiri. Penelitian sudah membuktikan latihan otak ini bisa mempercepat proses informasi
  • Mandi dengan mata tertutup akan meningkatkan kualitas indera perasa melalui tanganmu
  • Ganti juga posisi benda yang biasanya horizontal (mendatar) menjadi vertikal (berdiri). Otak kananmu akan mulai menginterpretasikan bentuk, warna, dan hubungan antarbenda yang ada di sekitarmu
  • Latih hidungmu untuk merasakan aroma-aroma baru seperti parfum saat kamu bangun tidur untuk melatih indera penciumanmu
  • Bermain koin bisa melatih sense tanganmu juga
  • Buka jendela mobil lalu dengar, cium, dan rasakan sensasi yang membangun peta mental dengan melakukan ini karena hippocampus, bagian yang memproses informasi akan mengasosiasikan bebauan, suara-suara, dan apa saja yang kamu lihat
  • Scan setiap benda yang ada di supermarket melatih tingkatan penglihatan
  • Membacalah dengan cara yang berbeda untuk mengubah sirkuit otak yang kita gunakan.


18. Diskusi, berdebat serta memberikan komentar, penjelasan, saran, dan kritik

Dengan banyak berbicara dan ngobrol serta mengeluarkan pernyataan maka orang akan terbiasa berpikir dan membuat opini. Hal ini akan memaksa otak kita untuk bekerja lebih keras dan melatih otot-otot otak.


Berpikirlah dan beropinilah berbeda, biasanya orang pintar selalu bilang “thinking out side of the box” atau seperti ungkapan mendiang Steve Jobs si pendiri Apple, inc “Think Different”. Opini yang berbeda akan memaksa kita untuk berpikir menganalisa lebih dalam dan kritis untuk dapat membuat sebuah kesimpulan yang berbeda dengan orang lain. 


Membuat opini berbeda juga memaksa kita untuk menganalisa sesuatu lebih mendalam daripada orang lain pada umumnya sehingga pada titiknya kita mendapatkan sebuah kesimpulan yang berbeda dengan orang lain. Dan latihlah berpikir kritis dan out of the box.


19. Olahraga

Kesehatan dan kebugaran fisik mempengaruh kerja fungsi. Lakukan olahraga ringan atau aktifitas fisik setiap hari. Jika olahraga aktif, maka pikiran akan aktif, jernih dan sehat. Seperti dalam sebuah pepatah “Mens sana in corpore sano”, dalam tubuh yang sehat ada akal yang sehat.


Tidak dipungkiri banyak kebiasaan sederhana yang dapat membuat kita lebih pintar, tetapi yang terpenting adalah merasa kurang agar kita terpacu untuk menjadi pintar.


Sumber: Majalah Cakrawala Edisi 8 "Prisma Ilmu"

Posting Komentar

0 Komentar